Berita

Wamenkes RI: Dua Kasus Mutasi Covid-19 dari Ingris Ditemukan di Indonesia

Selasa, 02 Maret 2021 - 14:26
Wamenkes RI: Dua Kasus Mutasi Covid-19 dari Ingris Ditemukan di Indonesia Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono. (FOTO: Dok. Liputan6)

TIMES SANGATTA, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan RI (Wamenkes RI), Dante Saksono Harbuwono mengatakan, dua kasus pertama dari mutasi Covid-19 strain B177 dari Inggris ditemukan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Dante dalam Refleksi 1 Tahun Pandemi Covid-19: Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi yang diikuti TIMES Indonesia dari Jakarta, Selasa (2/3/2021).

"Ada berita yang saya terima dari 1 tahun kita melakukan refleksi. Kalau satu tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 Covid-19. Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat 1 satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ucapnya.

Dante mengatakan, ada dua kasus Covid-19 dengan mutasi B117 di Indonesia. Sehingga, tegas Dante, pandemi Covid-19 di Indonesia yang dihadapi akan semakin berat.

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. Artinya apa? Artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat," tegasnya.

Dante mengatakan, sekitar 462 sampel yang dicek dari seluruh Indonesia, ditemukan 2 kasus tadi malam. "Dari 462 yang sudah kita cek di seluruh Nusantara beberapa bulan ini, kita sudah menemukan 2 kasus tadi malam," tuturnya.

Sehingga, kata Dante, refleksi satu tahun Covid-19 menjadi tantangan dalam mengembangkan proses penelitian dan riset dalam menangani pandemi ini harus lebih dipercepat.

"Dan refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat," tuturnya. 

"Model-model penanganan yang lebih baik dan studi-studi epidemiologi secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," tandas Wamenkes RI soal penemuan dua kasus pertama mutasi Covid-19 strain B177 dari Inggris di Indonesia. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sangatta just now

Welcome to TIMES Sangatta

TIMES Sangatta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.