Berita

Wamenkes RI Umpamakan Pandemi Covid-19 Sebagai Perang Dunia ke-3

Selasa, 02 Maret 2021 - 13:45
Wamenkes RI Umpamakan Pandemi Covid-19 Sebagai Perang Dunia ke-3 Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono saat menerima suntikan vaksin Covid-19. (FOTO: Dok. Kemenkes RI).

TIMES SANGATTA, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes RI) Dante Saksono Harbuwono menyebut, pandemi Covid-19 yang melanda dunia layaknya perang dunia ke-3.

Demikian disampaikan Dante Saksono Harbuwono  dalam Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia’ yang dipantau TIMES Indonesia, dari Jakarta, Selasa (2/3/2021).

“Sudah ada saudara-saudara kita sebanyak 36.325 yang sudah wafat akibat Covid-19 ini, dan ada 1,3 juta penduduk di Indonesia yang kemudian terinfeksi Covid-19,” ucap Dante.

Peringatan 1 tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia bisa menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan diri terhadap apa yang telah dihadapi masyarakat saat ini.

Dante pun menyampaikan rasa dukacita yang sangat mendalam terhadap saudara-saudara yang telah meninggal akibat Covid-19.

Menurutnya, ini adalah pengalaman tragis sebagai konsekuensi dari apa yang terjadi di seluruh dunia yang tidak bisa dibendung. 

“Saya selalu menganggap proses ini sebagai Perang Dunia ke-3. Perang Dunia Pertama dan kedua kontak fisik, Perang Dunia Ketiga yang kita hadapi sekarang di seluruh belahan dunia adalah kontak dengan musuh yang tak kasat mata,” tuturnya.

Dante mengatakan, perang yang tidak kasat mata ini memberikan implikasi banyak hal yang berpengaruh tidak hanya pada kesehatan, tetapi pada faktor ekonomi. Ini juga terjadi di skala mikro dan terjadi pada proses pendidikan.

“Anak-anak menjadi tidak bisa bersekolah, mereka kehilangan momentum sosial, momentum untuk bermain dan beberapa masyarakat akan terpengaruh karena proses kontraksi ekonomi ini berimbas pada perang dunia ketiga yang kita hadapi,” tururnya.

Sehingga lanjut Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono, wajar jika Pandemi Covid-19 yang melanda belahan dunia ini sebagai perang dunia ke-3. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sangatta just now

Welcome to TIMES Sangatta

TIMES Sangatta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.